21
Apr
10

oseania

Oseania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Peta kawasan Oseania

Oseania (Inggris : Oceania) adalah istilah yang mengacu kepada suatu wilayah geografis atau geopolitis yang terdiri atas sejumlah kepulauan yang berada di Samudra Pasifik dan sekitarnya. Oseania merupakan benua dengan luas area daratan terkecil dan jumlah populasi terkecil kedua setelah Antartika.

Dalam artian sempit (yang pertama kali didefinisikan penjelajah asal Perancis bernama Jules Dumont d’Urville pada tahun 1831), Oseania meliputi Polinesia (termasuk Selandia Baru), Melanesia (termasuk Nugini) dan Mikronesia. Sedangkan dalam artian luas maka Oseania juga meliputi Australia dan Indonesia bagian timur; namun jarang memasukkan Jepang dan Kepulauan Aleut dalam kelompok Oseania.

Sebagian besar dari Oseania terdiri dari negara-negara pulau yang kecil. Australia adalah satu-satunya negara kontinental, sedangkan Papua Nugini dan Timor Timur adalah negara yang memiliki perbatasan darat, kedua-duanya dengan Indonesia.

Negara-negara di Oseania mempunyai kemerdekaan dalam jumlah yang beragam dari penguasa-penguasa kolonial mereka dan telah mendapatkan pengaturan konstitusional yang bervariasi sesuai dengan keadaan mereka. Australia misalnya, adalah negara yang tergabung dalam Persemakmuran, sehingga mengakui Ratu Elizabeth II dari Britania Raya sebagai Ratu, sementara Polinesia Perancis adalah sebuah pays d’outre-mer (“negara luar negeri”) Perancis.

Secara ekologi, Oseania merupakan satu di antara delapan zona ekologi terestrial dunia. Zona ekologi Oseania meliputi Mikronesia, Fiji dan Polinesia kecuali Selandia Baru, Nugini, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon dan Vanuatu termasuk zona ekologi Australasia.

Daftar isi

[sembunyikan]

//

[sunting] Penduduk

Sejarah permukiman Oseania hingga sekarang masih belum sepenuhnya bisa dijelaskan. Penelitian-penelitian awal sudah menunjukkan bahwa orang-orang Mikronesia dan Polinesia secara linguistik dan genetik terkait dengan penduduk asli Asia Tenggara maritim, sebagai bagian dari penutur rumpun bahasa Austronesia. Penduduk Melanesia dan Australia lebih komplek namun secara penampilan luar maupun genetik serta linguistik berbeda dari orang Mikronesia dan Polinesia.[1]

Kajian linguistik menunjukkan suatu arus migrasi yang dikenal sebagai teori “Kereta Cepat menuju Polinesia” (“Express Train to Polynesia”) atau “Out of Taiwan” yang diusulkan oleh Robert Blust dan Peter Belwood.[2] Di sisi lain, kajian genetika menunjukkan dukungan atas teori lama berupa penyebaran lewat Asia Tenggara Daratan, lalu menyebar dari wilayah sekitar Sumatera atau Semenanjung Malaya (dikenal sebagai teori “Sundaland“) yang diajukan Oppenheimer. Teori ini juga didukung oleh kajian genetika atas babi dan ayam, dua hewan yang dianggap dibawa oleh para migran karena ditemukan di berbagai permukiman di Oseania.[3][4]

[sunting] Referensi

  1. ^ Genome scan shows Polynesians have little genetic relationship to Melanesians. ScienceDaily 23 Januari 2008.
  2. ^ Gray, R. D., A. J. Drummond, S. J. Greenhill (2009). “Language Phylogenies Reveal Expansion Pulses and Pauses in Pacific Settlement.”. Science 323: 479 – 483. DOI:10.1126/science.1166858.
  3. ^ Chicken and Chips theory of Pacific Migration]. ScienceDaily 30 Juli 2008.
  4. ^ Pig Study forces Rethink of Pacific Colonisation. ScienceDaily 13 Maret 2007.

[sunting] Lihat pula

[sunting] Pranala luar

Wikimedia Commons
Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai Oseania


0 Responses to “oseania”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


WAKTU SEKARANG

anda sopan kamipun segan

tahun 2010

April 2010
S M S S R K J
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: