02
Apr
10

negara uni emirat arab

Uni Emirat Arab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

الإمارات العربيّة المتّحدة
Al-Imārāt al-‘Arabīyah al-Muttahidah
Bendera
Motto:
Lagu kebangsaan: Tahiat Alalam
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Abu Dhabi
Bahasa resmi Arab
Pemerintahan Monarki konstitusional
Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahayan
Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum
Kemerdekaan
– Deklarasi 2 Desember 1971
Luas
Total 82,880 km2 (115)
Air (%) dapat dihiraukan
Penduduk
Perkiraan 2005 2.563.212 (136)
Sensus –
Kepadatan 30/km2 (141)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
Total US$103,5 miliar (56)
Per kapita US$23.818 (30)
Mata uang Dirham (AED)
Zona waktu (UTC+4)
Musim panas (DST) (UTC+4)
Domain internet .ae
Kode telepon 971

Uni Emirat Arab (disingkat UEA) adalah sebuah negara persatuan dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain.

Daftar isi

[sembunyikan]

//

[sunting] Sejarah

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Uni Emirat Arab

Negara-negara bagian (lebih dikenal sebagai emirat) di sepanjang pesisir pantai Teluk Persia memberikan hak pertahanan dan urusan luar kepada Kerajaan Britania Raya pada abad kesembilan belas. Pada tahun 1971, enam dari negara-negara bagian ini – Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain – bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Pada tahun 1972, Ras al-Khaimah menyertai mereka.

[sunting] Politik

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Politik Uni Emirat Arab

Majelis Tertinggi memuat pemerintah-pemerintah dari tujuh negara bagian. Jabatan Presiden dan Wakil Presiden dilantik oleh Majelis Tertinggi setiap lima tahun. Majelis Tertinggi juga melantik barisan kabinet sementara Majelis Federasi Kebangsaan yang mempunyai anggota sebanyak 40 orang dari ketujuh negara bagian meneliti dan membincangkan undang-undang yang dicadangkan. Terdapat satu sistem mahkamah persekutuan; semua negara bagian kecuali Dubai dan Ras al-Khaimah telah menyertai sistem persekutuan ini; semua negeri mempunyai undang-undang sekular dan Islam untuk kasus-kasus sipil, kejahatan, dan mahkamah tinggi.

Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan merupakan Presiden kesatuan ini sejak pendirian negara ini sampai hari kematiannya pada 2 November 2004. Anak lelakinya, Khalifa bin Zayed Al Nahayan dilantik menjadi presiden keesokkan harinya.

[sunting] Ekonomi

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ekonomi Uni Emirat Arab

Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Emirat Arab adalah negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi.

[sunting] Wilayah

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Emirat di Uni Emirat Arab

Emirat Arab memiliki 7 negara bagian:

[sunting] Geografi

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Geografi Uni Emirat Arab
Peta Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab terletak di barat daya Asia dan dikelilingi Teluk Oman dan Teluk Persia di antara Oman dan Arab Saudi. Ia adalah sebuah negara yang mempunyai dataran yang kering kerontang dan mempunyai padang pasir yang luas dengan gunung-gunung disebelah timur. Kedudukan strategisnya menjadikannya tempat persinggahan ekspor dan impor minyak dunia.

Perjanjian perbatasan di antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada tahun 1974 dan 1977 tidak pernah disebarkan kepada umum. Oleh itu perbatasan yang tepat untuk kedua negara hanya diketahui oleh pemerintahan masing-masing.

[sunting] Demografi

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Demografi Uni Emirat Arab

Emirat Arab berpenduduk sebanyak 4 juta jiwa dan 1,6 juta jiwa yang bukan warganegara – dengan 50% darinya datang dari Asia Selatan. Kebanyakan masyarakat pribumi datang dari keturunan Persia. Tingkat pertumbuhan penduduknya rendah dibandingkan negara-negara tetangganya. Hampir semua rakyat di Uni Emirat Arab Muslim. Sekitar 80% penduduknya bisa membaca dan menulis.

[sunting] Kebudayaan

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Budaya Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan masyarakat Arab lain di seluruh dunia. Pemerintah berdedikasi untuk mempertahankan unsur-unsur tradisional dalam kesenian dan kebudayaan termasuk melalui Yayasan Kebudayaan Abu Dhabi. Perubahan dalam kehidupan sosial juga berubah – perasaan terhadap kaum wanita sedang berubah, dan olahraga-olahraga baru sedang terkenal di samping balap unta.

[sunting] Lihat pula


0 Tanggapan to “negara uni emirat arab”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar


WAKTU SEKARANG

tahun 2010

April 2010
S M S S R K J
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930